Mulai dari sekolah dasar, sekolah menengah, sampai dengan tingkatan universitas, mata pelajaran bahasa Inggris akan selalu menjadi salah satu mata pelajaran yang harus dipelajari dalam satu kurikulum belajar. Lantas apa yang membuat mata pelajaran bahasa Inggris wajib dipelajari? Jawabannya adalah, karena bahasa Inggris sendiri merupakan bahasa international yang saat ini digunakan di seluruh dunia sebagai pengantar komunikasi antar bangsa.

Mata pelajaran bahasa Inggris di sekolah pada umumnya terbagi dalam grammar, tenses, writing, listening, dan speaking. Sementara untuk tingkatan universitas, karena dianggap sudah lebih paham, maka mata pelajaran bahasa Inggris dibuat lebih spesifik, dengan hanya memfokuskan pada pengembangan kemampuan conversation, listening dan writing skill saja. Sehingga ketiga unsur tersebut banyak dijadikan sebagai dasar penilaian pada tes bahasa Inggris internasional, seperti TOEIC, TOEFL, IELTS dan lain sebagainya.

Tes kemampuan semacam ini memang lazim dilakukan dalam tingkat universitas, tujuannya adaah untuk mengetahui sudah sejauh mana mahasiswa mencerna mata pelajaran bahasa Inggris yang diberikan di dalam kelas. Tes yang terdiri dari ujian listening dan writing skill ini memang tidak mudah untuk di lalui, dan biasanya universitas akan melakukan tes kemampuan semacam ini sebanyak minimal dua kali dalam rentang waktu yang telah ditentukan.

Umumnya pihak universitas memiliki standard score pada sertifikat tes internasional untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris mahasiswa. Jika seorang mahasiswa dinilai belum bisa mendapatkan score sesuai standard yang ditetapkan, maka ia harus mengulang kelas bahasa Inggrisnya kembali pada semester atau tahun berikutnya. Lantas adakah triknya untuk bisa melewati tes kemampuan internasional bahasa Inggris ini dengan mudah?

Tentu saja ada, cobalah Anda mencari informasi di tempat-tempat kursus bahasa Inggris ternama. Sebab umumnya mereka menyediakan kelas khusus bagi siapa saja yang sedang dalam persiapan mengikuti ujian internasional bahasa Inggris. Jangan lupa, untuk terus menghadiri klas bahasa Inggris dengan serius. Sebab tanpa adanya minat serta motivasi yang kuat, mata pelajaran bahasa Inggris yang disampaikan para pengajar akan sangat sulit dipahami.