Kegiatan Pelantikan Penegak Bantara 2023

Ciracas – Sabtu, 28 Januari 2023 ekstrakurikuler Pramuka melakukan rangkaian kegiatan pelantikan penegak Bantara. Rangkaian kegiatan pelantikan penegak bantara ini diikuti oleh 12 orang yang terdiri dari 8 putra dan 4 putri. Kegiatan ini dibimbing langsung oleh pelatih dan pembina pramuka serta bidang kesiswaan dalam rangkaian kegiatan yang harus dipenuhi oleh calon penegak bantara.

Penyematan lencana penegak bantara yang dilakukan oleh Dra. Budi Rahayu, M.Pd selaku Wakil Bidang Kesiswaan

Penegak Bantara adalah salah satu tingkatan dalam Pramuka yang berada di atas tingkatan Siaga, Penggalang, dan Penegak Muda. Penegak Bantara adalah anggota Pramuka yang berusia antara 17-21 tahun dan telah memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Gerakan Pramuka. Berikut ini adalah foto-foto kegiatan pelantikan penegak Bantara tahun 2023:

Untuk foto kegiatan lengkap silahkan mengunjungi tautan disini

Tujuan dari Penegak Bantara dalam Pramuka adalah untuk mengembangkan diri secara pribadi, sosial, dan spiritual, serta untuk mempersiapkan diri menjadi warga negara yang baik dan berguna bagi masyarakat. Penegak Bantara juga diharapkan mampu berkontribusi dan memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar.

Beberapa kegiatan yang biasanya dilakukan oleh Penegak Bantara antara lain adalah:

  1. Kegiatan pembinaan diri, seperti belajar memimpin, mengembangkan keterampilan, dan mengevaluasi diri sendiri.
  2. Kegiatan pengabdian masyarakat, seperti kegiatan sosial, bakti sosial, dan gotong royong.
  3. Kegiatan pemberdayaan masyarakat, seperti membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dengan mengembangkan keterampilan dan memberikan pelatihan.
  4. Kegiatan kepramukaan, seperti merencanakan dan melaksanakan kegiatan Pramuka baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah atau kelompok Pramuka.

Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, Penegak Bantara diharapkan mampu berpikir kreatif, mandiri, kritis, dan mampu beradaptasi dalam lingkungan yang dinamis. Selain itu, Penegak Bantara juga diharapkan mampu menjadi teladan bagi anggota Pramuka yang lebih muda serta mampu mempertahankan dan mengembangkan nilai-nilai kepramukaan. (ma)

Scroll to Top