Kegiatan Pramuka Wajib kelas 11 tanggal 30 Agustus 2023

CIRACAS – Rabu 30 Agustus 2023 adalah jadwal Pramuka Wajib kelas 11 di SMA 105 Jakarta. Kegiatan ini dibantu oleh para ambalan Mohamad Hatta dan Nyi Ageng Serang kelas 12 dan 11 serta dilatih oleh Kak Samin, Kak Suci dan Kak Syarif selaku pelatih Pramuka SMA 105 Jakarta. Para siswa kelas 11 terlihat sangat senang dan antusias mengikuti kegiatan Pramuka.

Pada kegiatan kali ini siswa diajarkan cara menaksir tinggi suatu bangunan dengan bermodalkan 2 tongkat. Kemahiran ini sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari hari terlebih lagi saat berkelana di alam bebas. Tongkat merupakan teman terbaik seorang pandu yang memiliki 100 fungsi dan menjadi teman dalam kegiatan kepramukaan. Para siswa kelas 11 sangat aktif dalam melaksanakan tugasnya bahkan sampai ada yang tiduran di lapangan dan menaksir dengan tongkat agar akurat. Mereka tidak takut baju mereka kotor, perlu diketahui bahwa kegiatan aktif yang positif seperti ini sangat jarang ditemukan dalam kehidupan remaja jaman sekarang sehingga kegiatan ini sangat membangun karakter remaja.

Kegiatan menaksir ini dilakukan setiap sangga dengan anggotanya masing masing. Ada banyak objek yang harus di ukur seperti tinggi tiang bendera, tinggi gedung, tinggi panggung, tinggi pohon pinang dan yang lainnya. Walaupun taksiran ini tidak 100% akurat namun bisa diandalkan saat hal darurat sehingga bisa mempermudah kita saat sedang terdesak jika kita menguasai kemahiran menaksir.

Scroll to Top