Koordinasi SMAN 105 Jakarta Dengan Orangtua/Wali PDBK Kelas X

CIRACAS – Rabu, 9 Agustus 2023 tim manajemen dan tim BK SMAN 105 Jakarta menyelenggarakan kegiatan koordinasi dengan orangtua/wali PDBK (Peserta Didik Berkebutuhan Khusus) kelas X. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Kepala SMAN 105 Jakarta pada pukul 08.00-10.00 . Koordinasi ini menindaklanjuti bahwa di SMAN 105 Jakarta terdapat PDBK. Keberadaan PDBK ini menunjukkan bahwa SMAN 105 Jakarta turut serta menerapkan pendidikan inklusif berdasarkan Permendiknas No. 70 tahun 2009 tentang Sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya.

Kegiatan koordinasi dengan orangtua/wali PDBK kelas X ini dipandu oleh Wakabid Kurikulum, Siti Khoiriyah, Kepala SMAN 105 Jakarta, Sunar Wibawa dan koordinator tim BK, Rinda Ria Situmorang. Sebagaimana pesan yang disampaikan oleh kepala sekolah “…pentingnya koordinasi ini adalah untuk mengenali lebih jauh mengenai potensi-potensi yang dimiliki oleh PDBK berdasarkan keterangan-keterangan yang diberikan oleh orangtua/wali PDBK kelas X. Karena sesungguhnya masing-masing anak memiliki potensinya sendiri, sehingga kedepannya sekolah dapat memberikan pelayanan pendidikan yang baik dan tepat untuk mengembangkan potensi diri PDBK.” (9/8)

Kegiatan ini sebenarnya pun menjadi praktik langsung dari kegiatan Pelatihan Peningkatan Kompetensi: Asesmen Dalam Kurikulum Merdeka, Pelatihan Pembelajaran dan Pelayanan PDBK (Peserta Didik Berkebutuhan Khusus) yang dilaksanakan pada Jum’at lalu (4/8) yakni mengenai identifikasi. Dengan adanya koordinasi ini diharapkan tercipta kolaborasi yang baik antara sekolah dengan orangtua/wali PDBK dalam memberikan pelayanan yang terbaik dan dapat memaksimalkan potensi diri PDBK.

Scroll to Top