Maulana Fabian Ardiman Berhasil Mendapatkan Juara II Lomba Esai Volcano Scientific Competition 2023

CIRACAS – Maulana Fabian Ardiman kelas XII IPS B berhasil mendapatkan juara II lomba karya ilmiah dan esai nasional tingkat siswa-mahasiswa pada ajang perlombaan “Volcano Scientific Competition 2023” pada tanggal 24 Juni 2023 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Departmen Geografi Universitas Negeri Malang (UNM). Lomba yang diselenggarakan ini mengusung tema “Strategi dan Upaya Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia demi Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Guna Mewujudkan Net Zero Emission 2060“.

Keberhasilan Maulana Fabian dalam lomba karya ilmiah dan esai nasional tingkat siswa ini setelah ia berhasil merampungkan esai yang bertajuk “Indonesia Mandiri Energy 2060: Pembuatan Teknologi Hybrid Melalui Pemanfaatan Energy Baru Terbarukan Guna Menekan Angka Emisi Karbon di Lingkungan“. Adapun sekilas mengenai esai yang ditulisnya tersebut memamparkan bahwa teknologi Hybrid adalah suatu perkembangan modern yang menggabungkan 2 hal atau lebih untuk tujuan yang lebih baik. Penggunaan teknologi ini terbukti mampu menekan angka emisi karbon dengan rendah emisi gas buang karena proses pembakaran yang lebih baik.

Peningkatan performa akselerasi dan kecepatan pada kendaraaan hybrid disebabkan karena adanya dua mesin dengan tenaga berbeda saling mendukung untuk menambah kekuatan pacunya. Namun meskipun kendaraan hybrid terkenal ramah lingkungan terdapat hal yang sangat disayangkan seperti tenaga yang lebih kecil karena mengusung mesin bertenaga ganda dan masih menggunakan bensin sebagai sumber daya utama. Adaptasi perlu dilakukan untuk terbebas dari gas emisi untuk mewujudkan kelestarian alam lingkungan biotik maupun abiotik yang bebas dari pencemaran.

Maulana Fabian Ardiman (tengah) menyerahkan sertifikat Volcano Scientific Competition 2023
kepada sekolah melalui Muhammad Sholeh, Wakabid Kesiswaan (kanan)

Kendaraan hybrid adalah suatu terobosan baru dimasa depan. Penggunaan teknologi hybrid bertujuan untuk menjawab keluhan masyarakat tentang bahan bakar bensin yang menimbulkan karbon dioksida sebagai pemicu gas rumah kaca. Kendaraan hybrid dapat beroperasi di tiga wilayah, yaitu darat, air, dan udara. Sekali lagi selamat dan sukses bagi Maulana Fabian Ardiman kelas XII IPS B yang telah berhasil mendapatkan juara II pada lomba karya tulis ilmiah dan esai nasional “Volcano Scientific Competition 2023”. (MA)

Scroll to Top