Ekstrakurikuler Paskibra

Follow Our Social Media

Sekilas Tentang Paskibra 105

Paskibra atau Pasukan Pengibar Bendera adalah pasukan yang memiliki tugas utama berupa mengibarkan bendera. Paskibra sendiri hanya dalam tingkatan sekolah atau berbentuk ekstrakurikuler. Hal ini berbeda dengan Paskibraka yang merupakan Pasukan Pengibar Duplikat Bendera Pusaka biasanya akan bertugas saat upacara peringatan proklamasi Kemerdekaan Indonesia. 

Tugas utama Paskibra adalah untuk mengibarkan bendera merah putih saat upacara di hari senin atau saat memperingati hari besar Indonesia, seperti saat hari pendidikan nasional, HUT RI, hari pramuka dan sebagainya. Selain itu, Paskibra juga bertugas untuk mengatur jalannya upacara bendera di setiap sekolah. Tugas paskibra ini hanya pada lingkup sekolah saja. 

Sedangkan tugas utama dari Paskibraka adalah untuk mengibarkan dan menurunkan sang saka Merah Putih. Anggota Paskibraka biasanya merupakan siswa SMA/sederajat dari seluruh Indonesia kelas 10 atau 11. Anggota Paskibraka sendiri adalah putra-putri terbaik bangsa, kader pemimpin bangsa yang telah melalui tahap seleksi yang panjang, bertahap, dan berjenjang melalui sistem serta mekanisme pendidikan pelatihan. 

Struktur Organisasi Paskibra 105

Pembina        : Soliah, S.Pd
Pelatih           : –
Ketua             : Muhamad Wildan Asy-Syauqi
Wakil Ketua  : Nayla Putri Ardianto & Reni Pitriyani
Sekretaris     : 1. Clarissa Tri Andini
                         2. Hani Sholiha

Jadwal Kegiatan

  1. Kamis : 15.00 s.d selesai
  2. Sabtu   : 08.00 s.d selesai

Paskibra 105

Motto

“Satukan tekad, ciptakan semangat, menjadi generasi yang berbakat.”

Visi

  1. Mewujudkan seorang paskibra yang disiplin, bertanggung jawab, bermoral dan beretika serta berprestasi.
  2. Menjadikan anggota paskibra yang memiliki mental kuat dan tangguh, serta serius dalam melaksanakan tugas – tugas yang diberikan.
  3. Memberikan pengetahuan mengenai unsur dasar PBB dan memberikan pengarahan kepada anggota paskibra agar menjadi lebih berdisiplin.

Misi

  1. Menjadikan anggota paskibra yang memiliki rasa cinta terhadap tanah air. Serta menghargai pengorbanan para pahlawan bangsa dan dapat berdaya guna bagi Masyarakat bangsa juga negara.
  2. Meningkatkan kualitas spiritual, mentalitas dan kemampuan yang dimiliki anggota.
  3. Memberikan pengetahuan kepada setiap anggota mengenai arti atau makna dari paskibra itu sendiri, Sejarah terentuknya paskibra, purna paskibra dan lain – lain agar para anggota memahami paskibra secara utuh. 

Kegiatan Paskibra

Scroll to Top