Pelaksanaan Asesment Sumatif Sekolah TA 2022-2023

Ciracas – Senin, 13 Maret 2023 SMAN 105 Jakarta melaksanakan kegiatan Asesmen Sumatif Sekolah (ASS). Apa itu Asesmen Sumatif Sekolah (ASS)?, Asesmen Sumatif Sekolah  yaitu asesmen yang dilakukan untuk memastikan ketercapaian keseluruhan tujuan pembelajaran. Asesmen ini dilakukan pada akhir proses pembelajaran atau dapat juga dilakukan sekaligus untuk dua atau lebih tujuan pembelajaran, sesuai dengan pertimbangan pendidik dan kebijakan satuan pendidikan. Berbeda dengan asesmen formatif, asesmen sumatif menjadi bagian dari perhitungan penilaian di akhir semester, akhir tahun ajaran, dan/atau akhir jenjang. Pada hari ini SMAN 105 Jakarta melaksanakan asesmen untuk mengukur ketercapaian dari proses pembelajaran Kelas 12.

Kegiatan Asesmen Sumatif Sekolah (ASS) berbasis CAT

ASS adalah pengganti Ujian Sekolah (US) yang sebelumnya lebih dikenal oleh masyarakat. Meskipun demikian, ASS memiliki manfaat yang lebih tegas diantaranya adalah untuk mengukur apakah murid sudah memenuhi capaian pembelajaran dan sejauh mana sudah mencapai akhir unit pembelajaran. Selain itu, ASS juga berguna bagi guru sebagai evaluasi untuk dapat meningkatkan pembelajaran selanjutnya.

Kegiatan ASS ini dilakukan oleh Kelas 12 dengan sistem ujian berbasis komputer/ Computer Assisted Test (CAT) dimana posisi pengawas berada di belakang untuk dapat dengan mudah mengawasi layar peserta. Meskipun kelas 12 melaksanakan ASS, pelayanan terhadap peserta didik kelas 10 dan kelas 11 tetap dilakukan untuk mendapatkan hak belajar. “Siswa kelas 10 dan kelas 11 tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan cara memanfaatkan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) berupa pemberian tugas. Pemberian tugas ini disesuaikan dengan jadwal mengajar seperti biasanya”, ujar Muhammad Sholeh, selaku Wakil Bidang Kurikulum (13/3).

Briefing pagi sebelum kegiatan ASS hari pertama dimulai

Pemanfaatan PJJ ini dinilai tetap melayani kebutuhan peserta didik yang tidak mengikuti ujian (kelas X dan kelas XI). “Tupoksi guru tetap terjaga, layani kelas 10 dan kelas 11 untuk tetap belajar, pastikan memberikan pelayanan yang terbaik. Bagi peserta didik yang memiliki kebutuhan khusus tetap dilayani dengan cara-cara khusus agar kesempatan yang sama dapat diberikan untuk mendapatkan hak belajar”, tegas Sunar Wibawa, Kepala SMAN 105 Jakarta saat briefing menjelang kegiatan ASS hari pertama dilaksanakan (13/3).

Drs. Sunar Wibawa (Kepala SMAN 105 Jakarta), meninjau jalannya pelaksanaan Kegiatan ASS

“Kegiatan ASS hari pertama secara umum dapat berjalan dengan baik, meskipun terdapat sedikit permasalahan, panitia dapat bergerak dengan taktis dan cepat dalam mengatasinya. Sehingga kegiatan ASS dapat berjalan dengan baik dan lancar. Semoga kegiatan ASS di hari pertama ini yang telah berjalan dengan baik dapat terus berjalan dengan tertib dan lancar tanpa kendala yang berarti sampai kegiatan selesai”, ujar Sunar Wibawa disela memantau aktivitas jalannya kegiatan ASS (13/3). (MA)

Scroll to Top