Profil SMAN 105 Jakarta

Sejarah SMAN 105 Jakarta

Previous
Next

Identitas Sekolah

SMA Negeri 105 Jakarta berdiri pada tanggal 20 November 1990 yang terletak di tengah-tengah pemukiman penduduk yang saat itu tanah tempat yang sekarang dijadikan lokasi SMA Negeri 105 Jakarta ini merupakan lahan bercocok tanam bagi masyarakat setempat, dengan luas tanah 7.130 M2, dan luas bangunan 1.548 M2. SMAN 105 Jakarta terletak di Jalan Usman Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur. 

Dahulu bernama SMA Baru Kelapa Dua Wetan dan yang menjabat Kepala Sekolah saat itu adalah Drs. Muchtar Aminuddin dengan dibantu oleh tenaga pengajar (guru) sebanyak 11 orang. Seiring dengan perjalanan waktu, selang  satu tahun perjalanan, SMA Baru Kelapa Dua Wetan diubah namanya menjadi SMA Negeri 105 Jakarta. Sejak itulah perkembangan SMA Negeri 105 Jakarta semakin tampak. Hal ini dapat terlihat dengan adanya penambahan tenaga pengajar, TU, tenaga pelaksana, dan siswa. Jumlah tenaga pengajar tahun 2019 berjumlah 48 orang dengan pegawai 14 orang. Jumlah siswa tahun 2019 adalah 756 siswa.Di tahun Pelajaran 2022-2023 ini sekolah dengan 21 rombel ini memiliki peserta didik 774 orang yang siap meraih masa depan dengan penuh optimis. Dengan didukung  jumlah tenaga pendidik berjumlah 50 orang sedangkan jumlah tenaga kependidikan 13 orang.

Perkembangan SMAN 105 Jakarta dapat dilihat dengan berbagai prestasi di bidang akademik maupun prestasi di bidang ekstrakurikuler yang baru-baru ini dari ekstrakurikuler Paskibra menyabet piala bergilir dan juara I dalam ajang Lomba Pasukan Pengibar Bendera. Kejuaraan Taekwondo DKI berhasil merebut Medali Emas pada tahun 2022 ini.

Kini SMA Negeri 105 Jakarta tengah melakukan berbagai upaya bersama orangtua siswa dan civitas SMA Negeri 105 Jakarta untuk meningkatkan mutu lulusan para siswa serta pembenahan dan perbaikan sarana lain yang mendukung kegiatan Kegiatan Belajar Mengajar serta sarana dan prasarana yang terkait dengan kegiatan peserta didik dalam mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya.

Daftar Nama Kepala Sekolah
SMAN 105 Jakarta
(1990-Sekarang)

Sambutan Kepala Sekolah

Drs. Sunar Wibawa

Kepala SMAN 105 Jakarta

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Salam sejahtera untuk kita.

Segala puji syukur kita naikkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat, dan karunia-Nya sehingga Website sekolah SMAN 105 Jakarta dapat terus kita kembangkan dan lebih inovatif sesuai dengan era globalisasi dan digitalisasi. Ucapan terima kasih juga saya ucapkan kepada semua pihak yang sudah memberikan suport dan fasilitasi untuk kelancaran pengembangan Website ini terkhusus bagi team kreatif SMA Negeri 105 Jakarta.

Selamat datang di Website resmi Sekolah Menengah Atas Negeri 105 Jakarta. Di era digital saat ini, website sekolah merupakan pintu gerbang informasi terdepan sebagai sarana untuk menyebarluaskan berbagai publikasii terkait kemajuan pendidikan dan pencapaian SMA Negeri 105 Jakarta terkini. Sebagai media pembelajaran, terlebih di era digitalisasi bagi generasi-Z saat ini, website sekolah juga diarahkan dapat mendatangkan kemanfaatan sebagai sarana pembelajaran dengan memuat blog, e-learning, karya dan media pembelajaran yang dibuat oleh pendidik serta para siswa.

Di sisi lain kami sungguh berharap Website ini juga dapat menjadi sarana silaturahmi dan komunikasi antara sekolah dengan para alumni di berbagai tempat, orang tua peserta didik, sebagai sebuah keluarga besar yang solid serta dapat berkontribusi dalam memajukan pendidikan di SMA Negeri 105 Jakarta tercinta. Kami menyadari website SMA Negeri 105 Jakarta ini masih memiliki banyak kekurangan, oleh karena itu, kami akan terus belajar dan mengupdate diri, sehingga konten dan kualitas tampilan website sekolah ini akan semakin berkembang. Kritik, saran dan masukan dari berbagai stakeholder sekolah tentu sangat kami harapkan.

Di sisi lain kami sungguh berharap Website ini juga dapat menjadi sarana silaturahmi dan komunikasi antara sekolah dengan para alumni di berbagai tempat, orang tua peserta didik, sebagai sebuah keluarga besar yang solid serta dapat berkontribusi dalam memajukan pendidikan di SMA Negeri 105 Jakarta tercinta.

Kami menyadari website SMA Negeri 105 Jakarta ini masih memiliki banyak kekurangan, oleh karena itu, kami akan terus belajar dan mengupdate diri, sehingga konten dan kualitas tampilan website sekolah ini akan semakin berkembang. Kritik, saran dan masukan dari berbagai stakeholder sekolah tentu sangat kami harapkan.

Kepada tim pengembang dan pengelola, kami berharap agar dapat terus menyempurnakannya dengan penuh semangat. Terima kasih atas kerjasamanya, mari terus berkarya menuju SMA Negeri 105 Jakarta yang lebih berkualitas dan berjaya dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa Indonesia.

Akhir kata sukses buat SMA Negeri 105 Jakarta  semoga senantiasa dapat UNGGUL BERDAYA SAING TINGGI, BERKARYA, BERJAYA…

Kiranya Tuhan Yang Maha Esa meridhoi setiap usaha mulia kita di bidang Pendidikan.

Wassalamu alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kepala SMA Negeri 105 Jakarta

 

Drs. Sunar Wibawa

Guru dan Tenaga Kependidikan
SMAN 105 Jakarta

Visi dan Misi
SMAN 105 Jakarta

Struktur Organisasi Sekolah

Denah Ruang SMAN 105 Jakarta

Hubungi Kami

Scroll to Top