Rapat Kerja Tahun Pelajaran 2023/2024 SMAN 105 Jakarta

Ciracas – 21 Juni 2023, SMAN 105 Jakarta telah menyelesaikan Rapat Kerja tahun pelajaran 2023/2024 dengan tema “Mari Kita Tingkatkan Profesionalisme, Etos Kerja dan Kebersamaan”. Rapat Kerja tahun pelajaran 2023-2024 dilaksanakan pada tanggal 20-21 Juni 2023 di Ruang AVI SMAN 105 Jakarta. Pada Rapat Kerja Tahun Pelajaran 2023/2024, pendidik dan tenaga kependidikan SMAN 105 Jakarta berkumpul untuk membahas berbagai hal terkait rencana dan strategi sekolah dalam menyambut tahun pelajaran baru.

Sebelum pelaksanaan rapat kerja, dibentuk panitia pra-raker untuk koordinasi pembagian tugas. Disamping itu panitia juga menyebarkan form isian untuk menjaring data kepada warga sekolah. Form ini merupakan Evaluasi Diri Sekolah yang didalamnya mengacu pada 8 Standard Nasional Pendidikan. Dari form tersebut maka diperoleh program/usulan yang dikelompokan menjadi empat bidang yaitu:

  1. Bidang Kurikulum
  2. Bidang Kesiswaan
  3. Bidang Sarana Prasarana dan Humas
  4. Bidang Tenaga Kependidikan

Rapat kerja tahun pelajaran 2023/2024 ini menjadi wadah penting untuk menyatukan visi dan langkah-langkah yang akan diambil dalam rangka mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan. Adapun yang menjadi tujuan dari dilaksanakannya rapat kerja tahun pelajaran 2023/2024 ini antara lain:

  1. Mendapatkan program kerja baru satu tahun kedepan yaitu tahun 2023 – 2024 sebagai acuan teknis untuk mengimplementasikan visi, misi serta target yang akan dicapai sekolah
  2. Mendapatkan pedoman pelaksanaan tugas bagi Pendidik maupun Tenaga Kependidikan dalam melaksanakan tugas yang diembannya.
  3. Mendapatkan program kerja Tahun Pelajaran 2023/2024 yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan dan Kurikulum Merdeka Belajar.

Rapat kerja tahun pelajaran 2023/2024 SMAN 105 Jakarta ini diikuti oleh seluruh warga sekolah baik pendidik dan tenaga kependidikan yang berjumlah 63 orang.

Rapat kerja tahun pelajaran 2023/2024 dimulai dengan sambutan dan pengantar dari drs. Sunar Wibawa sebagai kepala sekolah. Beliau memberikan pengantar mengenai pentingnya rapat kerja ini dan menginspirasi semua peserta rapat untuk berkontribusi secara aktif dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan pengembangan sekolah. Agenda pertama pada rapat kerja tanggal 20 Juni 2023 adalah evaluasi hasil tahun pelajaran sebelumnya, di mana staf dan guru melaporkan capaian dan tantangan yang dihadapi selama tahun tersebut. Hal ini membantu untuk memahami apa yang telah dicapai dan area di mana perbaikan perlu dilakukan. Pelaksanaan rapat kerja terbagi dalam 4 komisi;

  1. Komisi A membahas Bidang Kurikulum
  2. Komisi B membahas Bidang Kesiswaan
  3. Komisi C membahas Bidang Sarana Prasarana dan Humas
  4. Komisi D membahas Bidang Tenaga Kependidikan

Setiap komisi di pandu oleh Koordinator Bidang dengan tujuan agar anggota komisi dapat melaksanakan rapat kerja dan mendapatkan hasil diskusi yang optimal dengan mencantumkan program, tujuan/target, solusi, strategi pencapaian yang dapat terkaver dalam RAKS. Adapun daftar pembahas materi rapat kerja dari setiap komisi adalah;

Komisi A (Bidang Kurikulum)

  1. Drs. Setiawan (Ketua)
  2. Linda Jayanti, S.Pd. (Sekretaris)
  3. Siti Khoiriyah, M. Pd.
  4. Drs. Wawan Setiawan, M.M.
  5. Witarto, S.Pd.
  6. Siti Aminah, S.Si
  7. Arum Rusintya Kusumaningtyas Sulardhi Putri, S. Pd.
  8. Ahmadi Eko Kartono, S. Pd.
  9. Zaimatul Muntaha, M. Pd.
  10. RR. Sri Wulandari, M.Pd.
  11. Mudrikatul Arafah, M.Pd.I.
  12. Christina Winarsih, M. Pd.
  13. Supriyanto, S.Pd., M.Si.
  14. Drs. Edward Saragi
  15. Joko Hastono

Komisi B (Bidang Kesiswaan)

  1. Siti Azizah Qohar, S.Pd. (Ketua)
  2. Rinda Ria Situmorang, S.Pd. (Sekretaris)
  3. Muhammad Sholeh, S.Pd.
  4. Dra. Budi Rahayu, M.Pd.
  5. Yudhistira Ari Maesa, ST.
  6. Dra. Lasmaida Hutapea
  7. Drs. Widi Santoso, M. Pd.
  8. Luhur Setiawati, M.Pd.
  9. Muhammad Ilham, S.Pd.
  10. Warneti Friyanti, S.Kom.
  11. Sri Puji Astuti, S.Pd.
  12. Sulis Lenawati, S.Pd
  13. Firmansyah, S. Pd.
  14. Khoirun Nisa, S. Th.I, M. Pd.
  15. Miyoto
  16. Dhenda Pramudika

Komisi C (Bidang Sarpras)

  1. Dra. Ratna Palupi (Ketua)
  2. Rotua Ester Febriyanti, S.Pd. (Sekretaris)
  3. Drs. Agus Tri Sadnowo
  4. Teguh Hendra Kusuma, S.Pd.
  5. Kus Andayani, S. Pd.
  6. Tetty Masitoh, S.Pd
  7. Dra. Desviranty Imran
  8. Desi Ayuningsih Sugiyanti, S.Kom.
  9. Endang Kemaludin, S.Pd
  10. Kusrina Sri Rejeki, M.Pd.
  11. Aggasi Malik Muhammad, S. Pd.
  12. Marwan Subroto, S. Pd.
  13. Maisaroh
  14. Fahri Abdullah, S.Kom.
  15. Muhammad Doni
  16. Sahad

Komisi D (Bidang Tenaga Kependidikan)

  1. Sun’an, S.Pd. (Ketua)
  2. Tri Sumanti, S.Pd. (Sekretaris)
  3. Hj. Ernawati, S.Pd.
  4. Dra. Nina Ernawati
  5. Hj. Mira Astuti, S.Pd
  6. Retta Imelda Sirait, SE.
  7. Dra. Sefnirita
  8. Eni Sulastri, M.Pd
  9. Drs. Maksum, M. Pd.
  10. Soliah, S.Pd.
  11. Ristin
  12. Siti Edwina Asriyani, S. Kom.
  13. Widijono
  14. Nikodemus Addo Novesta Ardianto
  15. Sarifudin

Agenda di hari selanjutnya, tanggal 21 Juni 2023 dilakukan presentasi rencana kerja dan program sekolah tahun 2023/2024. Rencana ini mencakup strategi pendidikan, pengembangan kurikulum, peningkatan kualitas pengajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan pengembangan fasilitas sekolah. Diskusi yang terbuka dan kolaboratif diadakan untuk memastikan pemahaman yang jelas tentang tujuan dan langkah-langkah yang akan diambil.

Selama rapat, peserta memiliki kesempatan untuk bertanya, memberikan masukan, dan berpartisipasi dalam diskusi terkait. Semua masukan dan ide yang konstruktif sangat dihargai dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di SMAN 105 Jakarta. Adapun Hasil Rapat Kerja SMAN 105 Jakarta Tahun Pelajaran 2023/2024 adalah sebagai berikut:

Komisi A (Bidang Kurikulum)

  1. Menjaring Peminatan Mata Pelajaran Peserta Didik Baru Kelas X ;
  2. Menyusun dokumen Kurikulum Merdeka, Kurikulum 2013, Silabus, Kalender Akademik, RPP/Modul.
  3. Menetapkan Kegiatan Proses Belajar Mengajar;
  4. Melayani kegiatan pembelajaran peserta didik kelas X, XI, dan XII.
  5. Melaksanakan program jam tambahan kelas XII
  6. Pembekalan OSK secara rutin;
  7. Menyusun program pelatihan guru mata pelajaran;
  8. Melaksanakan kegiatan pembelajaran berbasis P5;
  9. Melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5);
  10. Melaksanakan penilaian akhir semester dan penilaian akhir tahun;
  11. Membagikan hasil belajar peserta didik (raport);
  12. Membuat Kriteria kenaikan kelas;
  13. Menyusun nominasi peserta AKM;
  14. Melaksanakan AKM bagi peserta didik kelas XI/XII;
  15. Melaksanakan Ujian Sekolah kelas XII;
  16. Melaksanakan rapat kelulusan peserta didik kelas XII;
  17. Membagikan dokumen kelulusan peserta didik kelas XII;
  18. Membina kegiatan perlombaan siswa dibidang akademik.

Komisi B (Bidang Kesiswaan)

  1. Persiapan Penerimaan Peserta Didik Baru;
  2. Penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik;
  3. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS);
  4. Pembuatan SOP bagi peserta didik yang meninggalkan pelajaran/sekolah;
  5. Pembuatan SOP bagi peserta didik yang terlambat datang ke sekolah;
  6. Pembuatan SOP pakaian seragam sekolah sesuai dengan ketentuan yang berlaku di sekolah;
  7. Pembuatan SOP pembinaan peserta didik;
  8. Pembuatan Satgas razia, anti-pornoaksi dan pornografi;
  9. Pengendalian penggunaan smartphone saat KBM;
  10. Penyelenggaraan ekstrakurikuler dengan cara memperbanyak ragam/jenis kegiatan ekstrakurikuler diharapkan dapat menampung dan mengembangkan minat dan bakat siswa.
  11. Mengikutsertakan dan membina kegiatan siswa dalam berbagai perlombaan non akademis.
  12. Kegiatan Kepramukaan;
  13. Kegiatan OSIS;
  14. Kegiatan Ulang Tahun Sekolah;
  15. Peringatan Hari Besar Nasional;
  16. Peringatan Hari Besar Keagamaan;
  17. Penyelenggaraan Upacara Bendera.

Komisi C (Bidang Sarpras dan Humas)

  1. Penataan lingkungan sekolah;
  2. Perbaikan fasilitas penunjang KBM;
  3. Penyediaan ruang tamu;
  4. Penambahan buku referensi penunjang KBM di perpustakaan;
  5. Pembuatan Buku Panduan Sekolah;
  6. Pelayanan Prima bagi tamu;
  7. Penambahan tanaman dan area terbuka hijau di lingkungan sekolah;
  8. Pembangunan aula yang lebih memadai agar dapat menampung beragam aktivitas siswa;
  9. Penambahan unit komputer, alat pencetak (printer), alat pemindai (scan);
  10. Perbaikan sound system
  11. Perbaikan fasilitas ruang kelas;
  12. Optimalisasi penggunaan CCTV;
  13. Renovasi Ruang Laboratorium;
  14. Pembuatan SOP peminjaman barang;
  15. Pembuatan SOP peminjaman ruangan
  16. Pemuatan SOP penerimaan tamu;
  17. Peningkatan kebersihan di lingkungan sekolah.

Komisi D (Tenaga Kependidikan)

  1. Meningkatkan informasi dan pelayanan dalam kenaikan pangkat/golongan seluruh pegawai;
  2. Melakukan pengawalan proses kenaikan pangkat/golongan seluruh pegawai;
  3. Memperbaiki kinerja caraka terutama dalam kebersihan;
  4. Caraka menggunakan seragam sesuai dengan ketentuan;
  5. Caraka secara bergilir ikut dalam pelaksanaan upacara;
  6. Staf Tata Usaha harus aktif membantu guru dalam pelaksanaan tugas;
  7. Memberitahukan informasi terbaru terutama terkait dengan info kedinasan.

Kegiatan Rapat Kerja Tahun Pelajaran 2023/2024 SMAN 105 Jakarta berfungsi sebagai platform untuk menghadirkan visi bersama, mengkoordinasikan langkah-langkah yang diambil, dan memastikan bahwa semua anggota staf dan guru terlibat aktif dalam mencapai kesuksesan tahun pelajaran yang akan datang. (MA)

Scroll to Top