Rapat Sosialisasi Verifikasi Zonasi PPDB Tahun Pelajaran 2024/2025

CIRACAS – Sabtu, 17 Februari 2024 SMAN 105 Jakarta melaksanakan rapat sosialisasi verifikasi zonasi PPDB tahun pelajaran 2024/2025. Kegiatan sosialisasi verifikasi zonasi PPDB ini dilaksanakan di ruang audiovisual SMAN 105 Jakarta pada pukul 08.00-10.00.

Kegiatan sosialisasi dibuka oleh Bapak Muh. Sholeh sebagai wakil bidang Kesiswaan SMAN 105 Jakarta. Kegiatan sosialisasi verifikasi zonasi PPDB tahun ajaran 2024/2025 ini dipandu secara langsung oleh Kepala SMAN 105 Jakarta, Bapak Sunar Wibawa. Di dalam paparannya, kepala SMAN 105 Jakarta memberikan beberapa penjelasan terkait zonasi PPDB dan potensi prioritas yang ada antara lain prioritas pertama yang terdiri dari lima RT (rukun tetangga); zona prioritas kedua yang terdiri dari 22 RT; dan zonasi prioritas ketiga yang berada di dalam kelurahan Kelapa Dua Wetan.

Perlu diketahui terdapat 252 total kuota peserta didik baru yang tentunya jumlah ini masih belum dapat dikatakan final. Hal ini dapat terjadi perubahan dengan mempertimbangkan potensi-potensi lainnya seperti terdapat peserta didik yang tinggal kelas. Jika diperkirakan dengan 252 total kuota peserta didik baru SMAN 105 Jakarta maka kuota zonasi terdapat 126 kursi.

Terkait peta letak RT yang tertera pada peta zonasi Jakarta dalam kondisi aman, namun perlu dicermati terkait penambahan lulusan peserta didik. Perlu diketahui, tahu lalu lulusan yang berasal dari jenjang SMP hanya terserap sebanyak 28%. Sehingga dengan data ini perlu ada penanganan yang serius terkait pendaftaran masuk sekolah sesuai dengan regulasi yang ada.

Digarisbawahi pula bahwa di dalam PPDB tidak ada sekolah yang “bermain” di luar sistem terkait zonasi PPDB. Dengan demikian, masyarakat harus tetap bersama-sama menciptakan suasana yang kondusif selama kegiatan PPDB berlangsung. Setelah paparan dari kepala SMAN 105 Jakarta, sosialisasi ini juga diperkuat oleh Sekretaris Lurah Kelapa Dua Wetan, Bapak Imam yang mewakili Bapak Achmad Bachri sebagai Lurah Kelurahan Kelapa Dua Wetan. Di dalam penguatannya itu Sekretaris Lurah Kelapa Dua Wetan berharap agar RT dan RW dapat membantu mensosialisasikan kegiatan PPDB 2024/2025 kepada masyarakat (17/2).

Selain Kelapa Dua Wetan, Bapak Edy Rusmanto, mewakili Lurah Kelurahan Ciracas juga berpesan agar pihak sekolah dapat mengakomodir warga di wilayah Ciracas. Selain itu, pihak RT dan RW dapat menjembatani warga yang ada di wilayahnya masing-masing (17/2). Ketua RW OO4, Bapak Tugimin juga memberikan mengingatkan kembali masih ditemui beberapa kesulitan yang diterima dilapangan terkait dengan PPDB seperti peta yang dianggap terkadang masih membingungkan bagi warga.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi verifikasi zonasi PPDB tahun 2024/2025 ini diharapkan masyarakat dapat lebih memahami tentang regulasi dan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam kegiatan PPDB tahun 2024/2025.

Scroll to Top