Richard, Perwakilan SMAN 105 Jakarta Mengikuti Apel Penerimaan Anggota Saka Wanabakti

CIRACAS – Sabtu, 25 Februari 2023 Saka Wanabakti melakukan penerimaan anggota saka di TMB (Taman Maju Bersama) Tajur Beriman, Pondok Ranggon, Jakarta Timur. Kegiatan penerimaan anggota Saka Wanabakti ini diikuti juga oleh siswa SMA 105 Jakarta yakni Richard William Simangunsong (XI MIPA B). Penerimaan anggota baru Saka Wanabakti tentu sangat berguna sebagai regenerasi Saka Wanabakti yang sempat terhenti akibat adanya pandemi covid-19. Harapan Widodo, sebagai pamong Saka Wanabakti “kedepannya adalah anggota baru ini dapat terus aktif dan membangun Saka Wanabakti” (25/2).

Saka Wanabakti itu apa sih sebenarnya?. Saka Wanabakti adalah salah satu saka dari beberapa saka yang bergerak dalam bidang kehutanan. Wanabakti berasal dari bahasa sanskerta yakni wana yang berarti hutan dan bakti yang berarti mengabdi atau setia. Berdasarkan pada pengertian kedua suku kata tersebut, maka Saka Wanabakti adalah satuan karya pramuka yang mengabdi dan setia kepada hutan.

Kegiatan pada saat penerimaananggota Saka Wanabakti diantaranya adalah pemaparan materi meliputi arti logo Saka Wanabakti, penjelasan tentang krida Saka Wanabakti, makan bersama, pengenalan terhadap pohon-pohon disekitar dan berbagai macam kegiatan edukasil ainnya. Krida Saka Wanabakti diantaranya ada Tata Wana, Guna Wana, Reksa Wana dan Bina Wana. Setiap krida memiliki tugas dan kegunaannya masing-masing yang diketuai oleh ketua Krida. Total krida yang terbentuk adalah 4 krida putra dan 4 krida putri. Pada apel penerimaan ini diikuti oleh kurang lebih 60 orang penegak bantara dan laksana. Saat kegiatan berlangsung peserta mengikuti beragam kegiatan yang unik dan lebih dapat mengenal hutan dan lingkungan hijau. Para peserta berasal dari SMA se-Jakarta Timur sehingga kegiatan ini pun tentu saja dapat menambah hubungan pertemanan.

Richard, memimpin apel pembukaan penerimaan anggota Saka Wanabakti.

Kegiatan ini diakhiri dengan apel penutupan di mana Setiap peserta yang hadir dapat kembali dengan dibekali ilmu yang bermanfaat seputar lingkungan hijau. Saka Wanabakti memiliki tujuan untuk menciptakan kader penerus bangsa yang dapat menjaga lingkungannya baik dengan alam dan dengan sesama. Kegiatan Saka Wana Bakti tidak berhenti sampai disini saja, tetapi kegiatan ini adalah kegiatan yang berkelanjutan dengan kegiatan-kegiatan yang akan datang seperti pengambilan badge dan diklatsar Saka Wanabakti. Semoga kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi seluruh siswa-siswi SMAN 105 Jakarta untuk berperan aktif dalam berbagai kegiatan positif dan tentu saja dalam kegiatan kepramukaan. Salam Pramuka!. (RW)

Scroll to Top