SMAN 105 Jakarta Melaksanakan Upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023

Ciracas – Kamis, 1 Juni 2023 SMAN 105 Jakarta memperingati Hari Lahir Pancasila dengan melaksanakan kegiatan upacara bendera di lapangan SMAN 105 Jakarta. Upacara memperingati Hari Lahir Pancasila di SMA Negeri 105 Jakarta merupakan momen yang sangat berarti bagi seluruh civitas akademika sekolah. Dalam rangkaian perayaan ini, siswa, guru, dan staf sekolah berkumpul untuk menghormati dan merayakan kelahiran Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Hari Lahir Pancasila adalah peringatan yang sangat berarti bagi bangsa Indonesia. Setiap tanggal 1 Juni, kita merayakan kelahiran Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa. Pada hari yang istimewa ini upacara dilaksanakan untuk memperingati dan menghormati Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa Indonesia.

Upacara dimulai pada pukul 06.30 WIB dengan penuh semangat dan kekaguman saat bendera Merah Putih dikibarkan di tiang bendera. Para peserta upacara berbaris dengan rapi dan disiplin.

Pembacaan teks Pancasila menjadi bagian yang sangat penting dalam upacara ini. Teks tersebut dibacakan dengan suara lantang dan penuh kebanggaan, menggambarkan nilai-nilai dasar Pancasila yang meliputi Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Selanjutnya, upacara dilanjutkan dengan penghormatan kepada pahlawan dan pejuang kemerdekaan. Momen ini sangat sakral, di mana seluruh peserta upacara memasuki suasana hening dan khidmat. Dalam keheningan tersebut, kita mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan dan keutuhan negara.

Upacara Hari Lahir Pancasila di SMA Negeri 105 Jakarta menjadi ajang untuk menguatkan semangat kebangsaan dan menanamkan rasa cinta tanah air serta menghormati jasa-jasa para pahlawan. Melalui upacara ini, diharapkan siswa dapat lebih memahami makna Pancasila sebagai landasan negara dan sebagai panduan dalam hidup bermasyarakat.

Upacara ini bukan hanya seremoni formal semata, tetapi juga momen untuk memupuk semangat persatuan dan kesatuan di antara siswa dan seluruh komponen sekolah. Dengan menghayati nilai-nilai Pancasila, diharapkan siswa dapat menjadi generasi yang berkualitas, bertanggung jawab, dan berperan aktif dalam membangun Indonesia yang lebih baik. (MA)

Scroll to Top