Sosialisasi Hasil Psikotest Kelas X

CIRACAS – Sosialisasi hasil psikotes untuk peserta didik kelas X SMAN 105 Jakarta adalah langkah penting dalam membantu mereka memahami diri mereka sendiri dan memberikan panduan untuk pengembangan pribadi serta pemilihan jalur pendidikan atau karir. Sosialisasi hasil psikotest bagi peserta didik kelas X SMAN 105 Jakarta terbagi menjadi dua sesi; di mana kelas XA, XB, XC dan XD pukul 08.00-09.30 sedangkan kelas XE, XF, dan XG pada pukul 10.00-11.30. Sosialisasi hasil psikotest ini dilaksanakan di ruang audiovisual SMAN 105 Jakarta.

Di dalam sosialisasi psikotest ini peserta didik diberikan pemahaman tentang apa yang dimaksud dengan kemampuan (bakat) dan kemauan (minat) agar dapat memaksimalkan potensi yang ada untuk mencapai titik maksimal sesuai dengan harapan. Selain itu juga diberikan penjelasan tentang kemampuan dan kemauan kognitif, afektif dan psikomotorik agar peserta didik memahami tujuan pendidikan yang ingin dicapai.

Lalu, apa saja aspek yang diungkap di dalam tes psikologi? yang pertama adalah intelegensi mencakup penalaran verbal, non-verbal, kemampuan numerik, fleksibilitas berpikir dan daya tangkap. Kedua adalah sikap kerja yang meliputi ketelitian, motivasi berprestasi, ritme kerja dan ketekunan. Sedangkan yang ketiga diungkap di dalam tes psikologi ini adalah mengenai minat dan kepribadian. Diharapkan dengan adanya sosialisasi hasil psikotest ini peserta didik kelas X SMAN 105 Jakarta dapat memahami lebih mendalam tentang potensi yang dimilikinya agar dapat mencapai tujuan dan cita-citanya.

Scroll to Top