Sosialisasi Penerimaan KJP Plus Dan KJMU Peserta Didik Kelas X Tahun 2023

Ciracas – Rabu, 2 Augustus 2023 SMAN 105 Jakarta melaksanakan sosialisasi penerimaan Kartu Jakarta Pintar (KJP) bagi peserta didik kelas X tahun 2023. Kegiatan sosialisasi ini mengundang orangtua/wali peserta didik kelas X yang dilaksanakan di ruang AVI SMAN 105 Jakarta. Sosialisasi penerimaan KJP ini dilaksanakan pada pukul 08.00-09.00 yang dipandu secara langsung oleh Wakil Bidang Kesiswaan, Muhammad Sholeh dan Miyoto selaku staf tenaga pendidikan bidang kesiswaan.

KJP Plus diberkian berdasarkan Pergub No.110 Tahun 2021 tentang Bantuan Sosial Biaya Pendidikan. Adapun perlu diketahui bahwa tujuan dari program KJP Plus adalah; (1) mendukung terselenggaranya program wajib belajar 12 tahun; (2) Meningkatkan akses layanan pendidikan secara adil dan merata; (3) Menjamin kepastian mendapatkan layanan pendidikan; (4) meningkatkan mutu layanan dan kualitas hasil pendidikan; (5) Menumbuhkan motivasi bagi peserta didik untuk berprestasi dan menuntaskan pendidikan pada jenjang pendidikan yang diikuti; dan (6) Mendorong ATS agar kembali mendapatkan layanan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu.

Setelah memaparkan tujuan dari adanya program KJP Plus, dijelaskan juga mengenai persyaratan penerima KJP Plus, besaran bantuan dan penggunaan dana selama kondisi normal maupun kondisi darurat bencana dan juga dijelaskan mengenai hal-hal yang menyebabkan dicabutnya program KJP Plus ini.

Selain pemaparan tentang hal-hal yang berkaitan dengan KJP Plus, juga diberikan pemahaman akan KJMU (Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul) dengan tujuan meningkatkan akses dan kesempatan belajar di PTN/PTS bagi peserta didik yang tidak mampu secara ekonomi, namun berpotensi akademik baik. Pada pemaparan KJMU ini juga diberikan penjelasan mengenai hal-hal serupa pada pemaparan KJP Plus seperti penggunaan dana, besaran bantuan, dan hal-hal yang dilarang dalam penggunaan KJMU ini.
Dengan adanya sosialisasi KJP Plus dan KJMU ini diharapkan orangtua/wali peserta didik lebih memahami dan bijak dalam menyikapi serta memanfaatkan program ini.

Scroll to Top