Sosialisasi Sekolah Laboratorium Pancasila di SMAN 105 Jakarta

CIRACAS – Jum’at, 29 September 2023, SMAN 105 Jakarta mengikuti kegiatan sosialisasi sekolah laboratorium Pancasila yang dilaksanakan di Ruang AVI SMAN 105 Jakarta. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada pukul 08.00 yang dihadiri oleh beberapa perwakilan pendidik dan peserta didik. Apa itu Labortorium Pancasila? Perlu diketahui, bahwa Laboratorium Pancasila adalah salah satu bentuk kegiatan dari internalisasi dan nilai-nilai luhur Pancasila yang ada di lingkungan sekolah SD, SMP, SMA, dan SMK yang bertujuan untuk menjunjung Pancasila serta menanggulangi tindakan intoleransi, bullying, kekerasan seksual, tawuran/geng motor, serta tindakan terorisme bagi siswa SD, SMP, SMA, dan SMK.

Laboratorium Pancasila untuk Sekolah pertama kali dibentuk pada 1.000 sekolah SD, SMP, SMA, dan SMK di Provinsi DKI Jakarta. Adapun program Laboratorium Pancasila untuk Sekolah, sebagai berikut:

  1. Sosialisasi Pembentukan “Laboratorium Pancasila” dan Workshop Bedah Buku Juknis
  2. Pembentukan Satgas Laboratorium Pancasila
  3. Pemasangan Papan Nama/Plang Laboratorium Pancasila untuk ditempatkan di sekolah
  4. Workshop dengan substansi yang menunjang tujuan dari Laboratorium Pancasila
  5. Launching Laboratrium Pancasila
  6. Optimalisasi Kegiatan Sekolah Menyambut Hari Besar Nasional (Hardiknas, Kelahiran Pancasila, dan
  7. HUT RI)
  8. Call Center Laboratorium Pancasila
  9. Sosialisasi & Optimalisasi Kegiatan Bakti Sosial
  10. Monev Pembentukan Laboratorium Pancasila
  11. Penguatan Laboratorium Pancasila
  12. Video Dokumenter Kegiatan Laboratorium Pancasila
  13. Notulen Kegiatan Laboratrium Pancasila

Sehingga, sebagai sebuah lembaga Laboratorium Pancasila membuka diri kepada seluruh stakeholder yaitu Dinas Pendidikan DKI, Kabupaten/Kota, Yayasan Sekolah Swasta dan Instansi terkait lainnya.

Kegiatan sosialisasi sekolah laboratorium Pancasila ini dibuka secara langsung oleh Kepala SMAN 105 Jakarta, Sunar Wibawa. Sedangkan untuk kegiatan selama sosialisasi dipandu oleh Nidia Rahma sebagai Narasumber dari Laboratorium Pancasila. Dengan adanya sosialisasi untuk motivasi pembentukan sekolah Laboratorium Pancasila ini diharapkan SMAN 105 Jakarta menjadi lingkungan yang dapat menginternalisasi dan nilai-nilai luhur Pancasila yang ada di lingkungan SMAN 105 Jakarta sendiri.

Scroll to Top