Tapak Merah Dewan Ambalan 2022-2023

CIRACAS – Sabtu, 18 Februari 2023 sebanyak dua anggota yaitu Anjas (X-B) dan Richard (XI MIPA B) dari Gugus Depan SMAN 105 Jakarta mengadakan kegiatan napak tilas penempuhan perjalanan untuk mendapatkan wings Tapak Merah. Perjalanan ini dilaksanakan dengan rute Monas SMAN 105 Jakarta yang menempuh jarak 27 km. Dengan kegiatan ini diharapkan para anggota Pramuka SMAN 105 Jakarta yang merupakan pangkalan dari Gugus Depan 09.181-09.182 Mohammad Hatta dan Nyi Ageng Serang dapat memiliki mental baja dan mempunyai ketahanan fisik yang kuat serta dapat meningkatkan rasa persaudaraan dan kekeluargaan diantara anggota.

Dari kiri ke kanan: Anjas, Richard, Kak Syarif dan Kak Samin berswafoto setelah menyelesaikan kegiatan pada pukul 18.15

Berikut ini adalah beberapa foto dokumentasi dari napak tilas penempuhan perjalanan untuk mendapatkan wings Tapak Merah:

Perlu diketahui bahwa wing yang ada di dalam kegiatan Pramuka tidak jauh berbeda dengan tanda kemahiran yang dipakai oleh instansi seperti TNI atau pun POLRI, dan sebagainya. Sama halnya dengan Wings dalam Gerakan Pramuka Penegak yang sejatinya mengilhami dari wings-wings yang ada pada badan-badan militer seperti diatas. Penempuhan tanda kecakapan ini tidak menjadi masalah jika tetap dilaksanakan kerena bertujuan untuk menggugah semangat agar para anggota Pramuka lebih cinta terhadap Pramuka.

Kegiatan Tapak Merah adalah salah satu kegiatan dalam Pramuka yang dilakukan oleh anggota Pramuka yang telah mencapai tingkat Penegak. Kegiatan ini biasanya dilakukan di alam terbuka atau di tempat yang memungkinkan untuk dilakukan kegiatan outbond atau petualangan.

Tujuan dari kegiatan Tapak Merah Pramuka adalah untuk menguji kemampuan fisik dan mental serta melatih kerjasama antar anggota dalam suatu tim. Kegiatan ini juga bertujuan untuk membentuk sikap disiplin, tanggung jawab, keberanian, kejujuran, serta rasa persatuan dan kesatuan dalam kebersamaan.(ma)

Scroll to Top