Upacara HUT PRAMUKA Ke-62

CIRACAS – Senin, 14 Agustus 2023 SMAN 105 Jakarta melaksanakan upacara Hari Ulang Tahun Pramuka yang ke-62. Kegiatan upacara HUT Pramuka ini diikuti oleh seluruh peserta didik kelas X, XI, dan XII beserta dewan pendidik dan tenaga kependidikan. Pada kegiatan upacara HUT Pramuka di SMAN 105 Jakarta ini bertindak sebagai pembina adalah Kepala SMAN 105 Jakarta, Sunar Wibawa. Kegiatan upacara hari senin ini yang diselenggarakan pada pukul 06.30 – 07.15 berlangsung dengan khidmat.

Upacara memperingati HUT Pramuka pada tanggal 14 Agustus 2023 ini sekaligus mengucap rasa syukur karena organisasi ini telah genap berusia 62 tahun dan pada tahun yang sama ini pula diperingati 111 tahun keberadaan gerakan kepanduan di Indonesia yang telah ada sejak tahun 1912. Gerakan Pramuka dapat terus maju dan berkembang serta perkiprah untuk membantu masyarakat dan program pemerintahan serta menangani pendidikan nonformal dalam pembentukan karakter.

Seperti yang dikutip dari Sambutan Kakwarnas HUT Pramuka ke-62, “Adapun tema utama peringatan hari Pramuka ke-62 Tahun 2023 ini adalah “DENGAN PERINGATAN HARI PRAMUKA KE-62, MARI KITA WUJUDKAN SDM YANG PROFESIONAL DAN BERWAWASAN KEBANGSAAN”. Tema ini menunjukkan semangat Gerakan Pramuka untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional, mencermati sumber daya manusia kita yang ada sekarang ini masih jauh dari yang kita harapkan. Di samping itu, Wawasan Kebangsaan juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur, tetap menanamkan Nasionalisme, Cinta Tanah Air dan semangat Bela Negara; terlebih sekarang akan menghadapi Tahun Politik, kiranya persatuan dan kesatuan Gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan.”

Scroll to Top