Upacara Memperingati Hari Pahlawan Nasional 10 November 2023

CIRACAS – Jum’at 10 November 2023 SMAN 105 Jakarta melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional. Kegiatan upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional ini dilaksanakan sejak pukul 06.30 sampai dengan pukul 07.30 yang dihadiri oleh seluruh warga SMAN 105 Jakarta. Hari Pahlawan Nasional ini diperingati setiap tahun pada tanggal 10 November untuk mengenang peristiwa bersejarah yakni tekad kuat bangsa Indonesia untuk menjadi bangsa yang merdeka terlepas dari penjajahan bangsa asing.

Perlu diketahui, setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945, tidak serta-merta bangsa Indonesia terlepas dari segala bentuk ancaman yang diberikan oleh kekuatan-kekuatan asing (terutama Belanda) yang ingin kembali berkuasa atas wilayah Indonesia. Tekad juang bangsa Indonesia dapat terlihat dari berbagai bentuk perlawanan yang dilakukan salah satunya seperti terlihat dalam pertempuran di Surabaya 10 November 1945.

Para Pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa: kita bukan bangsa pecundang. Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi. Dengan tangan mengepal dan dada menggelora. Semangat yang berasal dari nilai perjuangan Pahlawan Bangsa di tahun 1945 adalah semangat yang membawa kita menolak kalah dan menyerah pada keadaan. Menyatukan kita dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Serta memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Mewujudkan masa depan yang lebih baik.

Scroll to Top