Workshop Peningkatan Kompetensi Tentang Metode Atau Strategi Pembelajaran

CIRACAS – Kamis, 14 Desember 2023 SMAN 105 Jakarta melakukan Workshop Peningkatan Kompetensi Tentang Metode Atau Strategi Pembelajaran. Kegiatan workshop ini dilaksanakan di ruang audiovisual SMAN 105 Jakarta pada pukul 13.00-15.00. Kegiatan Workshop dibuka secara langsung oleh Kepala SMAN 105 Jakarta, Sunar Wibawa. Di dalam sambutannya itu, Sunar Wibawa Kembali memberikan penekanan agar para pendidik senantiasa fokus dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan pelatihan yang diselenggarakan demi peningkatan kompetensi pembelajaran dan layanan kepada peserta didik SMAN 105 Jakarta.

Kegiatan pelatihan selanjutnya dibimbing oleh Ali Murthando dari SMA Labschool JAKARTA sekaligus juga sebagai Trainer EDUPORT pilot project of inquiry based learning, the officially certified as EDU-Port Japan project of MEXT Japan in 2021-2023. Di dalam membimbing kegiatan pelatihan ini diberikan pemahaman akan mengajar asyik dan menyenangkan. Adapun 10 cara mengajar yang asyik dan menyenangkan diantaranya:

  1. Temukan Hal Baru Bersama
  2. Buat Siswa Penasaran
  3. Tunjukkan Kepedulian Kepada Siswa
  4. Libatkan Siswa Dalam Projek
  5. Hindari Kebiasaan Monoton
  6. Review Pelajaran Jangan Mengulang Materi
  7. Ganti Pembelajaran Dengan Percakapan
  8. Pahami Tugas Mereka
  9. Cobalah Bertukar Peran, dan
  10. Memberikan Lelucon

Pembelajaran yang asyik dan menyenangkan adalah model Pembelajaran Abad 21. Adapun beberapa ciri pembelajaran Abad 21 antara lain;

  1. Critical Thinking And Problem Solving (Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah)
  2. Creativity And Innovation (Daya Cipta dan Inovasi)
  3. Collaboration (Kerjasama)
  4. Communication (Komunikasi)
Scroll to Top