Workshop Peningkatan Kompetensi Terkait Penguatan Karakter dan Workshop Peningkatan Kompetensi Pengolahan Kelas

CIRACAS – Selasa, 12 Desember 2023 SMAN 105 Jakarta melakukan Workshop Peningkatan Kompetensi Terkait Penguatan Karakter dan Workshop Peningkatan Kompetensi Pengolahan Kelas. Kegiatan workshop ini dilaksanakan di ruang audiovisual SMAN 105 Jakarta pada pukul 13.00-15.00. Kegiatan Workshop dibuka secara langsung oleh Kepala SMAN 105 Jakarta, Sunar Wibawa. Di dalam sambutannya itu, Sunar Wibawa menekankan agar para pendidik senantiasa fokus dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan pelatihan yang diselenggarakan demi peningkatan kompetensi pembelajaran dan layanan kepada peserta didik SMAN 105 Jakarta.

Kegiatan pelatihan selanjutnya dibimbing oleh Eka Budiarti selaku Narasumber dari Secretary of US Embassy Project Manager sekaligus juga sebagai Fasilitator PGP Angkatan 9. Di dalam membimbing kegiatan pelatihan ini diawali dengan kegiatan refleksi sebagai seorang guru, terkait hal-hal yang menyenangkan, menginspirasi maupun hambatan yang ditemui oleh masing-masing pendidik. Secara umumnya pendidik SMAN 105 Jakarta mendapatkan pemahaman mengenai konsep-konsep inti dalam modul Budaya Positif yang bisa diterapkan dan memahami penerapanya dalam ekosistem sekolah yang aman, dan berpihak pada murid.

Adapun budaya positif yang dibangun antara lain disiplin positive dan nilai-nilai kebajikan (nilai atau prinsip mulia yang dianut seseorang), keyakinan kelas, Lima posisi kontrol (penghukum, pembuat orang merasa bersalah, teman, pemantau dan manajer), kebutuhan dasar manusia dan dunia berkualitas (cinta kasih/ras memiliki dan dimiliki penguasaan, kesenangan, dan kebebasan), Teori motivasi, hukuman dan penghargaan serta restitusi), dan segitiga restitusi (menstabilkan indentitas, validasi Tindakan yang salah dan menanyakan keyakinan).

Scroll to Top